Latest News

Sabtu, 03 April 2021

MEMUPUK KEDERMAWANAN MENYAMBUT BULAN PENUH KEBERKAHAN

 Ramadhan Kabar gembira bagi mukmin

Bulan Ramadhan 2021 tinggal beberapa waktu lagi menyapa kita. Meski masih dalam kondisi pandemic yang meliputi, Kedatangan bulan Rarnadhan tetap selalu menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, Alloh سبحانه و تعالى menjanjikan beribu keutamaan di bulan ini. Pahala diobral sedemikian rupa hingga tak ada suatu amalan baik sekecil apapun kecuali Allah lipatkan, magfirah dan ampunan-Nya begitu luas memenuhi setiap ruang dan waktu di bulan tersebut. Mereka yang menyadari betap kurangnya bekal ynag ia punya untuk menuju kahiratkelak, begitu banyak dosa yang telah dikerjakan, tak ada rasa kecuali rasa Bahagia menggebu menyambut Ramadhan bulan penuh mulia ini. Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadhan.

Ramadhan bulan kedermawanan

Dermawan adalah sifat mulia yang menjadi ciri dan kebaikan para pendanulu kita salafus shalih. Dermawan adalah sifat para nabi dan rasul. Seyogyanya sifat ini menjadi karakter yang harus dimiliki setiap mukmin dan harus diajrakan sejak dini kepada para calon generasi masa depan. Ada begitu bnayak cara untuk mengajarkan kedermawan dan melatihnya kepada setiap kita. Dengan membiasakan berbagi, memahami hakikat kehidupan bersama, melatih sifat peduli terhadap orang lain, dan sebagainya. Islam telah menjadikan dermawan ini menjadi karakter mulia. Banyak firman Nya yang menerangkan tentang sifat ini. Bahkan Rasulullah صلى الله عليه و سلم dalam kesehariannya sangat dermawan. Bahkan, saat bulan Ramadan, beliau jauh lebih dermawan dan hanbiasanya. Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadan saatbeliau bertemu Jibril. Jibnil menemuinya setiap malam untuk mengajarkan al-Quran, Dan kedermawanan Rasulullah shallallahualaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.’ (HR. Bukhari)

Sedekah adalah bentuk kedermawanan

Diantara ibadah yang diperintahkan oleh syariat guna membiasakan dan menumbuhkan sifat kedermawanan pada jiwa adalah sedekah. Terlebih lagi Ketika di bulan suci Ramadan. Bahkan, sedekah menjadi satu amalan yang senantiasa dilazimi Rasululloh صلى الله عليه و سلم, terlebih di bulan Ramadhan. Maka, semestinya kita selaku umat Rasululloh صلى الله عليه و سلم harus mencontohdan meneladani kedermawanan beliau dalam sedekah ini, terlebih dibulan Ramadhan Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dan bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Denganya sifat kedermawanan akan semakin menguat. Bahkan kedermawan adalah salah satu sifat Alloh سبحانه و تعالى Sesungguhnya Allah Taala itu Maha Memberì, la mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, la membenci akhlak yang buruk “(HR. Al Baihaqi)

Tangan yang di atas lebih baik dan tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang membeni dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari dan Muslim). Keutamaan Bersedekah

Allah سبحانه و تعالى Benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. la menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orangyang gemar bersedekah.

Sedekah menghapuskan dosa

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:‘Sedekah dapat menghapus dosasebagaimana air memadamkan api.’ (HR.Tirmidzi).

Sedekah akan menjadi naungan di hari kiamat

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari).

Sedekah menjadikan harta lebih berkah

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR. Muslim)

Alloh Melipatkan pahala pelaku sedekah

Allah Taala berfirrnan: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. AI Hadid:18)

Alloh sediakan pintu khusus bagi pelaku sedekah di syurga

Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dan pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan’ Jika ia berasal dan golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dan pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggildan pintu jihad, jika ia berasal dan golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Sedekah adalah bukti keimanan seseorang

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda:”Sedekah adalah bukti” (HR. Muslim)

An Nawawi menjelaskan: “Yaitu buktikebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi(kebenaran mannya)

Sedekah dapat menyelamatkan dan siksakubur

RasuuIIah صلى الله عليه و سلم bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan didalam kubur” (HR. Thabrani)

Pahala sedekah akan terus berkembang

Pahala sedekab walaupun hanya sedikit itu akan terus berkembang pahalanya hirgga menjadi besar. Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda: “sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dan kalian,sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud” (HR. At-Tirmidzi 662, la berkata: hasan shahih)

Sedekah bisa menyelamatkan dari api neraka

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda: “Jauhilah api neraka, walau hanya den ganbersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidakpun ya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR.Al Bukhari dan Muslim)

Kedermawanan Rasululloh di bulan Ramadhan

Rasul kita صلى الله عليه و سلم, teladan terbaik bagi kita, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan kedermawanan beliau Iebih dahsyat agi di bulan Ramadhan. Bahkan kedermawanan Rasululloh di ibartakan angin berhembus yang memberikan kenyaman kepada setiap makhluk. Ibnu Abbas meriwayatkan: “Rasulullah صلى الله عليه و سلم adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibuil. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Quran. Dan kedermawanan Rasulullah صلى الله عليه و سلم melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari)

Dan hadits di atas diketahui bahwa Rasulullah صلى الله عليه و سلم pada dasarnya adalah seorang yang sangat dermawan. ini juga ditegaskan oieh Anas binMalik radhiallahuanhu: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamadalah orang yang paling berani dan palingdermawan” (HR. Bukhari Muslim). Oieh karena itu. kita yang mengaku meneladani beliau sudah selayaknya memiliki semangat yang sama. Yaitu semangat untuk bersedekah lebih sering, lebih banyak dan lebih bermanfaat di buian Ramadhan, melebihi bulan-buian lainnya.

Sumber: Majalah One Magz Edisi XXV Rajab – Sya’ban 1442 H

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mpimedia.net

Jl. Raya Malaka Raya No. 10
Kelapa Dua Wetan, Ciracas
Jakarta Timur