Latest News

Sabtu, 20 Februari 2021

Politisi Muslim


Negara Indonesia merupakan negara yang menganut demokrasi. Demokrasi berdiri atas prinsip suara mayoritas. Yaitu bahwasanya mayoritas kelompok mereka lah yang menentukan maslahat jamaah dan juga mafsadahnya. Apa yang ditentukan sebagai maslahat maka wajib dijaga dan apa yang ditetapkan sebagai mafsadah maka wajib ditinggalkan. Dengan demikian, jika mayoritas kelompok tidak memahami agama maka sangat mungkin terjadi pelanggaran-pelanggaran aturan agama.

Masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduk muslim merupakan suatu keberuntungan karena suara mayoritas masih mengetauhi aturan agama. Seorang muslim hendaknya menyadari bahwa pengetahuan akan masalah politik dan apa yang terjadi di dunia ini harus menjadi salah satu perhatiannya. Dalam mewujudkan mayoritas yang terjaga dalam aturan agama diperlukan sekelompok orang yang terus mengikuti dan mendampingi mereka dalam melakukan proses demokrasi.

Maka sebagai bentuk kehati-hatian dalam memasuki lapangan politik menurut Muhammad bin Saiid al Ghamidi (2010) seorang muslim hendaknya memperhatikan poin-poin berikut.

1. Mengetahui aqidah secara lengkap disertai dengan pengamalannya. Ilmu tentang nama-nama Allah dan sifat Nya atau iman dengan kekuasaan Nya atau membenarkan janji janji Nya tidaklah cukup tetapi harus disertai iman dan yakin dan disertai dengan amal. Jika mengetahui bahwa Allah memenuhi janji Nya dan bahwa Dia menolong hamba-hamba Nya ketika kaum muslimin menolong agama Nya maka seorang muslim harus melakukan perbuatan untuk menolong agama Allah karena iman.

2. Mengetahui aqidah musuh musuhnya dari yahudi, nasrani, zionis, rafidah, sufi yang ghuluw dan pengikut bid'ah dengan ilmu berdasarkan kitab dan sunnah dengan pandangan salafus shalih atas pemahaman sahabat dan pengikut mereka.

3. Mengetahui sejarah. Hari-hari itu dipergulirkan dan sunnatullah atas makhluq Nya tidak berbeda dan tidak berganti dan sesungguhnya sebab kejatuhan negeri-negeri dan kebangkitannya diketahui oleh orang yang mempelajari sejarah dengan sadar wabil khusus pelajaran siroh Nabi Muhammad dan khalifah. Pengelolaan mereka pada negeri Islam merupakan praktek nyata untuk penerapan ajaran Islam pada tingkat pemerintahan.

4. Mengetahui teori politik buatan moderen wabil khusus politik barat yang berlaku setelah zaman penaklukan konstantinopel dan perpindahan banyak pemikir barat ke itali dan negara eropa lainnya

5. mengetahui ayat-ayat quran dan hadits nabawi yang berbicara tentang kepemimpinan, hukum dan sunnatullah pada umat-umat terdahulu wabil khusus nash-nash yang berbicara tentang fitnah dan tanda-tanda hari kiamat.

6. Mengetahui fiqh maqashidus syar'iyyah disertai fiqh kontemporer.

Hal-hal di atas merupakan syarat-syarat yang wajib dimiliki oleh politisi muslim. Ketika ia memenuhi syarat-syarat ini maka ia berhak untuk berbicara maslah politik syar'i. Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan menurut Muhammad bin Saiid al Ghamidi (2010) oleh politisi muslim.

1. Menyebarkan agama Allah di bumi atas aqidah sunnah salafsus shalih.

2. Berhukum antara manusia dengan hukum Allah

3. Membela hak dan kesucian muslimin

4. Bersaing dengan penggagas pemikiran yang menyimpang dan menjelaskan cacat mereka seperti liberalisme, sekulerisme, dan rafidah

5. Menyebarkan pemahamn aqidah kepada manusia dan menyeru kepada prakteknya bukan hanya taori.

6. Menyadarkan manusia tentang rencana musuh dan apa yang mereka lakukan di sekitar kita.

Politisi muslim yang syar'i itu sedikit sekali karena ahul ilmi tidak tertarik untuk mendalami bidang ini. Bidang ini wajib dimasuki oleh orang yang memenuhi persyaratan di atas untuk menyadarkan manusia dan agar mereka tetap awas dengan apa yang terjadi di sekeliling mereka. Di samping itu, politisi muslim harus banyak menelaah kitab-kitab ulama ahli politik syar’i seperti Imam al Mawardi, Imam Ibn Taymiyyah, DR Aidh al Qarni, DR Muhsin al Awaji, DR Said al Ghamidi, DR Safar al Hiwali, dan DR Nasir al Hunaini.

Daftar pustaka : Politisi Muslim, 2010 ditulis oleh Muhammad bin Saiid al Ghamidi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mpimedia.net

Jl. Raya Malaka Raya No. 10
Kelapa Dua Wetan, Ciracas
Jakarta Timur