Latest News

Thursday, April 28, 2016

MPI dan Refleksi Pergerakan

Alhamdulillah Wa shalatu wassalam ‘ala Rasulillah wa ‘ala aalihi wa ashhabihi ajma’in
Amma ba’du
Syukur tidak henti-hentinya kita panjatkan kepada Al ‘Aziz Al Ghaffar Allah ‘Azza Wa jalla, sampai saat ini MPI masih terdengar eksistensinya di dunia dakwah kampus. Umat masih bisa mendengar dan melihat secara nyata dan langsung bagaimana kiprah MPI dalam menjalanan misi idzharul haq demi tegaknyaa dien ini dimuka bumi, terutama di dunia perguruan tinggi. Kita harus bersyukur karena MPI terus bergerak secara progresif, artinya sejak awal berdirinya hingga saat ini, ada peningkatan kualitas yang signifikan dan bertahap dalam tubuh MPI. Hal ini sangat menggembirakan karena nyatanya banyak diluar sana, organisasi-organisasi bernafaskan kemahasiswaan timbul-tenggelam, datang-pergi dan segan untuk bertahan. Mereka kehilangan identitas, mereka kehilangan arah dalam menapaki jalan juang, mereka terlalu bergantung kepada urusa-urusan materi ke-dunia-an. MPI tidak boleh stagnan, MPI tidak boleh diam ditempat, MPI tidak boleh Jumud, MPI tidak boleh bergerak tanpa keteguhan manhaj dan tanpa kemantapan Khittoh karena hal-hal tersebut yang akan menghentikan langkah dakwah MPI.
Kini di penghujung tahun 2014, MPI bukan lagi bagian-bagian parsial yang terpisah-pisah. Kita yang berletak berjauhan terpisahkan antara ruang dan waktu sejatinya adalah satu-kesatuan. MPI adalah lembaga terintegrasi dan solid satu dengan yang lainnya. Sudah banyak pengalaman yang didapatkan dari berbagai macam arena juang, dari forum akademik, forum aksi sosial forum ke-Rohis-an dan lain-lain. Pengalaman yang harus terus-menerus dipupuk agar senantiasa menjadi modal dalam langkah gerak MPI.
Salah satu yang tidak bisa dipungkiri saat ini adalah kebutuhan akan kualitas dan kuantitas kader berbanding lurus dengan kebutuhan MPI akan suksesnya misi dan program-programnya baik di level nasional maupun di level daerah. Kader-kader yang sudah ada, harus terus meningkatkan kualitas personalnya, setiap kader sejatinya harus mampu menggunakan kelebihan-kelebihan dirinya secara optimal untuk menghidupkan ajaran-ajaran Islam sesuai tuntunan Nabi di kampus. Kuantitas juga perlu karena MPI melangkah di jalan dakwah ini adalah untuk umat dan bersama umat, semakin banyak orang yang memberikan simpatinya kepada derap langkah MPI menunjukkan bahwa semakin sukses dakwah MPI itu sendiri.
Last but not least, jangan sampai terlupakan oleh diri kita masing-masing bahwa MPI bisa berkembang sampai saat ini adalah berkat izin dari Allah, kita luruskan kembali niat kita dalam menjalankan kegiatan dakwah ini. Dan jangan pula lupakan jasa para pendahulu kita, senior-senior yang bekerja keras menghantarkan dan menjaga MPI tetap eksis dan tetap dalam Khittoh-nya, kita jadikan sejarah sebagai pengingat dan alat pererat yang akan selalu mengingatkan langkah kita agar semangatnya tidak mudah luntur dan futur.
Kini kita menatap 2015, dinamika tidak dapat terelakkan, mari kita rapatkan barisan, pererat ukhuwah dan bersama menghadapi dan menjalankan tujuan MPI di 2015 sebagai MPI Mujtama’ yang mampu menggunakan potensi bidang Dakwah Lisan, Dakwah Media, Aksi Sosial dan pendanaan dengan maksimal. Kita bangun optimisme bahwa MPI harus bisa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dakwah kampus yang mengusung dakwah berlandaskan Al-qur’an dan As-Sunnah, sehingga tidak ada bagian dari dunia perguruan tinggi pun yang tidak tersentuh aura dakwah MPI.
Mudah-Mudahan Allah senantiasa memberikan kita Taufiq-Nya agar kita dapat melangkah dalam segala sesuatu yang dicintai dan diridhoi-Nya.
Wallahu a’lam bishowab.
Musthafa Akhyar
Ketua Nasional Mahasiswa Pecinta Islam
Semarang – 23 Desember

No comments:

Post a Comment

mpimedia.net

Jl. Raya Malaka Raya No. 10
Kelapa Dua Wetan, Ciracas
Jakarta Timur